Cara Membuat Lagu Sendiri yang kreatif

Cara Membuat Lagu Sendiri yang kreatif - Lagu yang utuh merupakan satu kesatuan diantara nada dan lirik, akan lebih lengkap jika benerta nada instrumen sebagai pengiring lagu. lagu yang merupakan salah satu cara penyampaian pesan antara pembawa lagu dan audiens akan sangat menarik tentunya jika apa yang disampaikan memiliki nilai atau pesan moral yang baik.

Lagu dapat juga diartikan sebagai kumpulan nada yang berurutan, memiliki tempo dan ritme, dan berkesinambungan. untuk membuat lagu yang bagus tentunya Anda harus memperhatikan beberapa langkah yang dapat di lakukan. berikut ini fakemusic akan memberikan langkah-langkah tersebut.

Langkah – Langkah Membuat Lagu Ciptaan Sendiri

1. Mencari Inspirasi Lagu

Cara Mengarang Lagu Cinta

Cara membuat lagu dengan mudah


Inspirasi merupakan langkah pertama cara membuat lagu sendiri, inspirasi yang kemudian akan dikembangkan untuk menuntun Anda dalam membuat lagu dari awal hingga ahir. inspirasi bisa didapatkan dari berbagai macam hal, dari yang terkecil atau tak terduga mungkin dapat dijadikan sebuah inspirasi, jika kita cermat melihat situasi.

2. Menentukan Tipe Lagu

Cara mudah membuat lagu

Cara membuat lagu dengan mudah


Langkah selanjutnya dalam membuat lagu yang bagus adalah menentukan tipe lagu. tipe atau tema apakan yang akan dibawakan dalam lagu itu nantinya. apakah romantis, sedih, bersemangat, atau kebahagiaan. menentukan tipe lagu merupakan hal yang penting karena akan menentukan nuansa musik yang akan dibawakan.

3. Menentukan Genre Lagu

Cara membuat lagu dengan mudah

Cara membuat lagu dengan mudah


Download Software Organ PC

Selanjutnya dalam membuat lagu yang benar adalah menentukan genre atau aliran musik apa yang sesuai dengan tipe lagu yang sudah Anda tentukan sebelumnya. misal tipe lagu yang ditentukan adalah romantis, maka genre yang cocok adalah aliran musik pop. 
4. Membuat Lirik Lagu

Cara Membuat Lagu Sendiri

Cara Membuat Lagu Sendiri


tahap yang selanjutnya dilakukan dalam membuat lagu adalah membuat lirik atau kata-kata untuk membuat lagu. lirik lagu yang berkualitas merupakan lirik yang memiliki pesan baik untuk diperdengarkan kepada audiens. inspirasi yang kamu miliki akan menuntun dalam pembuatan lirik lagu tersebut.

5. Menentukan struktur Lagu
struktur lagu adalah tahap selanjutnya dalam membuat lagu setelah membuat lirik lagu, struktur lagu berdampingan dengan tahapan pembuatan lirik lagu. ketika membuat lirik lagu dengan otomatis juga bersamaan dengan menentukan struktur lagunya.

6. Menentukan Nada atau Chord Dasar

Tips Membuat Lagu Rock

cara membuat lagu sendiri


langkah selanjutnya dalam "membuat lagu yang bagus" adalah dengan menentukan nada dasar sebagai range(wilayah) dan kemudian dapat menentukan chord nya. dalam menentukan nada dasar sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan vocal, dalam tinggi atau rendahnya nada dasar tersebut. sehingga vocal tidak merasa berat ketika menyanyikan lagunya nanti.

7. Membuat Nada Lagu dari awal sanpai dengan akhir.
langkah membuat lagu yang selanjutnya adalah membuat nada dari awal hingga ahir, misalkan membuat nada intro, reff, melodi, dan ending beserta fill in nya.

8. Tahapan Finishing
Langkah yang terahir adalah dengan mencoba menyanyikan lagu secara keseluruhan dan utuh, kemudian dapat dikoreksi bagian mana yang kira-kira perlu untuk diperbaiki agar lebih baik lagi.

9. Recording
Tahapan terahir adalah merekam, setelah semua dirasa bagus musiknya maka merekamnya dengan software membuat lagu di dalam komputer.


Demikianlah Cara Membuat Lagu Sendiri yang kreatif  yang mungkin dapat Anda jadikan sebagai acuan dalam membuat lagu sendiri. semoga bermanfaat.

BACA JUGA
Cara Membuat Lagu Sendiri yang kreatif
4/ 5
Oleh