6 Cara Belajar Piano Untuk Pemula

Cara Belajar Piano Untuk Pemula - Piano merupakan salah satu jenis alat musik yang berbentuk seperti papan memanjang dengan banyak tombol-tombol tuts atau tombol nada. cara memainkannya adalah dengan menekan tombol-tombol tuts itu sehingga akan menghasilkan irama nada yang harmonis.

Cara Bermain Piano Atau Keyboard, Tentang Not dan Chord

Cara Belajar Piano Untuk Pemula

Secara umum jenis piano terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Piano Classic, Piano Electric, dan keyboard. Dari ketiga jenis piano tersebut, tentunya memiliki kelebihan dan kekeurangan masing-masing, namun kali ini saya tidak akan membahas itu, dalam artikel ini akan membahas tentang Cara belajar piano untuk pemula.

Belajar Bermain Piano Secara Otodidak Bagi Pemula


1. Niat dan kesungguhan
Yang pertama tentu adalah niat, apabila diniatkan untuk belajar dengan sungguh-sungguh maka InsyaAllah akan maksimal pula dalam belajar piano.

2. Piano atau keyboard
sebelum mulai belajar piano, alangkah baiknya kalau sudah memiliki piano atau keyboard sendiri agar nantinya bisa belajar dengan lebih intensif. namun seandainya belum punya sendiri pun tidak apa-apa, masih bisa diusahakan belajar piano dengan meminjam kepada yang punya.

3. Nada dan Tangga Nada
selanjutnya yang harus dipelajari bagi seorang pemula untuk belajar piano adalah cara belajar piano untuk pemula yaitu mengetahui tangga nada. tangga nada atau nada dasar pada umumnya ada 7 yaitu Do Re Mi Fa So La Si. jika diterapkan pada tuts keyboard saya berikan contoh seperti ini, misalkan nada dasar Do = C, maka tangga nadanya adalah Do = C, Re = D, Mi = E, Fa = F, Sol = G, La = A, Si = B . 
Belajar Bermain Piano Secara Otodidak Bagi Pemula
Do = C
Download Aplikasi Piano Untuk HP Android
Contoh pada gambar diatas adalah Do = C, dan begitu seterusnya dengan formasi yang sama jika menggunakan nada dasar yang lain, misal Do = D, Do = E atau yang lain, formasinya sama.

4. Chord atau kunci
cara belajar piano untuk pemula selanjutnya adalah mengenal Cara Bermain Piano Atau Keyboard, Tentang Not dan Chord yaitu susunan dari minimal 3 nada, dan dimainkan secara bersamaan. saya berikan satu contoh, misalkan susunan nada pada chord C yaitu adalah C + E + F, ditekan secara bersamaan atau berirama.
berikut ini adalah tabel chord

Cara Belajar Piano Praktis Buat Pemula

Cara Belajar Piano Praktis Buat Pemula

5. Bermain dua tangan
selanjutnya dalam cara belajar piano untuk pemula adalah dengan latihan dua tangan, tangan kiri dan kanan. tangan bagian kiri memainkan pada wilayah oktav 1 dan oktav 2, tangan kanan memainkan pada oktav 3 dan seterusnya. pada bagian oktav 1 dan 2 adalah nada rendah yaitu sebagai bas nya. biasanya tangan kiri memainkan chord, dan tangan sebelah kanan bermain melodi nya.
seperti gambar berikut ini ;

Cara Bermain Piano Atau Keyboard, Tentang Not dan Chord

6. Lagu
setelah mengenal tangga nada, chord dan bisa bermain dengan dua tangan. langkah selanjutnya cara belajar piano untuk pemula adalah belajar untuk mengiringi lagu. sebaiknya dalam belajar mengiringi lagu adalah dengan mendengarkan lagu itu, berlatih mendengarkan adalah lebih baik daripada download buku belajar piano untuk pemula. karena dengan itu akan melatih pendengaran peka terhadap nada.

Demikianlah cara belajar piano untuk pemula yang mungkin dapat membantu Anda, semoga bermanfaat dan semoga lancar dalam belajar piano nya. terus berlatih!

6 Cara Belajar Piano Untuk Pemula
4/ 5
Oleh