Tutorial Modifikasi Fill In dengan Aplikasi Android

Tutorial Lengkap Cara Membuat Manual Fill In di Keyboard Korg PA600 / PA900 - Berjumpa kembali dengan penulis blog fakemusic.net kali ini kita akan membahas tentang cara membuat tombol fill in dengan bantuan aplikasi android dan kabel midi. Cara ini termasuk yang paling murah dan mudah diantara beberapa alternatif yang bisa dilakukan.

Sebelum kita berbicara lebih jauh tentang cara modifikasi fill in, disini yang perlu diketahui adalah beberapa keperluan yang harus dilengkapi. Seperti kabel USB A to USB B, atau yang sering kita sebut dengan kabel USB Printer, kemudian OTG, Aplikasi Midi Commander, dan smartphone android yang tentunya sudah mensupport OTG.

Apabila agan-agan tidak ingin repot mencari kabel USB Prind dan OTG kesana kemari, kami bisa membantu agan-agan semua dengan membeli di toko online kami. Transaksi dijamin aman, karena kami memakai jasa marketplace terpercaya seperti bukalapak, tokopedia DLL.

Langsung saja klik Beli pada tautan berikut ini, untuk melakukan pembelian di Bukalapak.

Tutorial Modifikasi Fill In dengan Aplikasi Android

Langkah 1
Pertama yang harus dilakukan adalah install aplikasi midi commander, aplikasi ini bisa di download secara gratis melalui app store yang ada di hp android agan-agan semua. Atau apabila agan-agan tidak mau repot mencarinya di app store, bisa langsung download apk nya disini : DOWNLOAD

Langkah 2
Colokan kabel USB Print ke bagian port USB Midi di belakang keyboard, kemudian setting keyboardnya; klik tombol global; pilih midi in channel; pada channel 1 pilih control. dan channel yang lain tidak usah diganti, biarkan saja seperti itu.

Langkah 3
Colokan kabel USB Print dengan OTG ke smartphone android. kemudian buka aplikasi midi commandernya, dan pastikan bahwa prangkat keyboard telah terdeteksi di android (bisa dilihat pada bagian atas aplikasi ada tulisan nama keyboard) serta selanjutnya lakukan langkah-langkah pengaturannya sebagai berikut.
  • Pada bagian pojok kanan atas, ata titik tiga. klik disitu
  • klik manage setup
  • klik create new setup
  • tulis nama sesuai keinginan kita
  • isi jumlah tombol pada bagian "enter number of button" (disini saya memakai 8 tombol, 4V dan 4F) - kemudian klik ok
  • maka akan muncul tampilan 8 kotak tombol yang masih perlu di atur.
  • pada bagian pojok kanan atas, terdapat lambang pencil. klik lambang pencil sehingga berwarna merah.
  • kemudian kita buat pada tombol 1 sebagai Variasi 1
  • klik dan tahan beberapa saat (klik lama) maka akan muncul menu pilihan
  • klik modify
  • isi nama menjadi Variasi 1
  • pada bagian program change di isi 83 (83 adalah kode angka khusus untuk variasi 1, selanjutnya akan berbeda-beda kodenya)
  • hilangkan centang pada control change #1 dan #2
  • pada bagian bawah kita bisa membuat warna tombol
  • terakhir klik save pada tombol di kanan atas.

Pada bagian mengisi kode program tadi, berikut ini adalah tabel kode program yang harus diisikan pada masing-masing tombol dari Intro 1 sampai ending 3.


Setelah semua tombol kita buat, dari Variasi 1 sampai dengan Variasi 4 dan Fill in 1 sampai dengan Fill in 4. Beginilah tampilan menu tombol nya:


Sebagai catatan adalah masalah koneksi, atau sambungan antara keyboard dengan smartphone android. terkadang ketika selesai pada taham pengaturan aplikasi, namun ternyata gagal atau ketika ditekan tombol fill in pada aplikasi ternyata pada keyboard tidak terjadi apa-apa. Hal ini yang perlu dilakukan adalah me restrat keyboard, dengan cara mematikan kemudian menyalakan kembali. 

dan setelah menyala keyboardnya, jagan lupa pengaturan midi in channel nya tadi di buat control. baru kemudian sambungkan dengan perangkat android, dan jalankan aplikasinya.

Artikel Lainnya :


Dari penjelasan diatas apabila agan-agan masih kurang paham, berikut ini adalah video tutorial membuat modifikasi fill in di keyboard korg pa600 / pa900 dengan aplikasi android :


Berikut ini adalah video demonstrasi dari aplikasi fill in yang telah saya buat :


Demikian tutorial ini ditulis, semoga artikel yang berjudul "Tutorial Modifikasi Fill In dengan Aplikasi Android" ini dapat membantu agan-agan semua khusunya bagi pengguna keyboard korg pa600 atau pa900 sebagai panduan memodifikasi tombol fill in.

Apabila terdapat pertanyaan, bisa langsung menuju facebook official fakemusic.net pada link berikut ini : www.facebook.com/fakemusic.net

Tutorial Modifikasi Fill In dengan Aplikasi Android
4/ 5
Oleh

6 komentar

15 Desember 2017 pukul 16.45 delete

gan udah aku coba cara seperti di atas ko tetep gk ngaruh yah? padahal udah konek,,, gmna donk

Reply
avatar
16 Desember 2017 pukul 12.35 delete

untuk aplikasi yang di HP sudah di atur belum ?
bisa di WA 082245169198

Reply
avatar
8 September 2018 pukul 07.57 delete

Itu agan nya salah ketik... bukan nya 83 tapi 87

Reply
avatar
26 September 2018 pukul 12.52 delete

Sama aku juga GK bisa konek,gimana cara yg bener nya gan???

Reply
avatar
26 September 2018 pukul 12.53 delete

Sama aku juga belum bisa konek terus,gmn ni cara yg bener nya

Reply
avatar
6 Januari 2019 pukul 01.26 delete

untuk pa300 ko ga bisa ya om..

Reply
avatar