Teknik Dasar Belajar Gitar Melodi

Teknik dasar belajar gitar melodi – Jika Anda sudah belajar dasar – dasar bermain gitar dan ingin mempelajari bagaimana cara belajar gitar melodi sebenarnya dalam pembelajaran ini terbagi ke dalam beberapa bagian. Teknik dasar belajar gitar melodi terdiri dari fingering dan picking, senam jari, berlatih metronome, belajar scale dan juga latihan melakukan improvisasi.

Jika semua teknik dasar tersebut sudah Anda kantongi maka Anda bisa disebut sukses dalam belajar gitar melodi. Dibawah ini kami berikan informasinya untuk Anda bagaimana teknik dasar belajar gitar melodi yang sangat penting untuk Anda terapkan.

Teknik Dasar Belajar Gitar Melodi
Baca Juga :


Teknik Dasar Belajar Gitar Melodi Fingering dan Picking

Mengenai bagaimana cara belajar gitar melodi fingering dan picking tersebut, berikut ini kami berikan untuk Anda informasinya beberapa langkah - langkah yang perlu Anda terapkan diantaranya :

Mulai dengan warming up

Anda perlu lakukan setiap kegiatan dengan pemanasan. Sama halnya seperti ketika Anda sedang olahraga, warming up akan membantu agar Anda bisa terhindar dari resiko cedera. Selain itu warming up juga dapat membantu otot – otot Anda agar tidak kaget dengan aktivitas yang mendadak.

Berlatih dengan metronome untuk membangun speed fingering dan picking

Berlatihlah dengan menggunakan metronome. Metronome ini merupakan hal kecil yang sangat berguna utamanya ketika Anda ingin membangun sebuah kecepatan picking dan fingering Anda. Cara berlatih dengan menggunakan metronome sebenarnya gampang – gampang susah. Gampangnya karena Anda tinggal ikuti ketukannya. Kesulitannya terdapat pada kesesuaian antara ketukan dan nada yang dimainkan.

Belajar variasi dari scale

Scale atau yang sering disebut dengan skala merupakan sebuah aturan terhadap jarak tertentu dari sebuah tangga nada. Ketika Anda berlatih scale nantinya jari – jari Anda akan dapat mengenali banyak variasi fingering baru. Untuk pemula Anda bisa belajar mengenai major modes. Major modes ini tidak lain merupakan tangga do re mi fa sol la si do atau yang juga disebut dengan solmisasi. Selain major modes, Anda juga bisa coba beberapa scale yang mudah dan sering dipakai dalam memainkan melodinya.


Jika Anda ingin belajar gitar melodi, itulah beberapa teknik dasar belajar gitar melodi yang sangat penting untuk Anda tahu dan terapkan. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Teknik Dasar Belajar Gitar Melodi
4/ 5
Oleh