Bagaimana Cara Bermain Keyboard yang Benar?

Bagaimana cara bermain keyboard yang benar – Perlu Anda tahu bahwa dalam bermain keyboard tak boleh dilakukan dengan sembarangan, sebab ada tata cara tersendiri yang wajib Anda tahu. Bermain keyboard ini sebetulnya adalah dengan cara memainkan melodi dan juga iringan secara bersamaan, sehingga hasilkan musik yang utuh dan apik dari satu alat musik yang dimainkan. 

Pada dasarnya bermain keyboard tidaklah sulit, asal Anda mau belajar dan tekun untuk bisa. Semua jenis alat musik sebenarnya sama nada dan kuncinya, hanya saja cara memainkannya yang berbeda – beda, seperti bass, gitar dan lain – lain. Baik, langsung saja simak cara bermain keyboard yang benar berikut ini ya.

Bermain Keyboard yang Benar

Baca Juga : 


Cara Bermain Keyboard yang Benar


1. Perhatikan posisi tangan dan jari

Cara Bermain Keyboard yang Benar pertama adalah Penting sekali untuk diperhatikan ketika memainkan keyboard posisi tangan dengan jari agak menekuk. Hal yang demikian ini untuk buat tangan dan jari jadi cepat gerakannya ketika memainkan keyboard. Jangan anggap teknik ini sepele, sebab ini merupakan dasar dalam bermain keyboard yang akan mempengaruhi skill bermain Anda nanti.

2. Kenali terlebih dulu kunci nada

Lalu untuk yang satu ini juga tak kalah pentingnya, pengenalan kunci nada dari mayor harus Anda tahu ketika bermain keyboard atau musik. Sebab bila Anda bermain musik tanpa tahu atau mengerti kunci nada musik yang dihasilkannya akan kurang bagus atau berantakan. Misalnya saja akord C, G, AM, EM, F, C, D, dan G yang merupakan akord dasar untuk mainkan nada lagu.

3. Perhatikan peletakan jari untuk chord

Untuk bisa membunyikan chord atau kunci nada umumnya dengan menggunakan 3 jari, tapi ada pula yang lebih dengan cara melihat jenis serta nama kunci yang akan dimainkan. Posisi tangan untuk mainkan kunci adalah jari telunjuk, jempol, jari manis, dan jari tengah yang digunakan sebagai tambahan saja, contohnya saja kunci C7 menggunakan lebih dari 3 jari.

4. Latih kelemasan jari – jari

Untuk melatih teknik satu ini dengan cara memindahkan jari tangan satu nada ke nada lain dan dilakukan rutin minimal 1 jam sehari. Bagi pemula bisa melakukan teknik dasar, C ke E ke G menggunakan jari jempol di nada C, jari teluncuk di E dan jari manis di G. 

Baca yang lain : Keyboard Yamaha Untuk Pemula

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara bermain keyboard yang benar. Semoga bisa bermanfaat.

Bagaimana Cara Bermain Keyboard yang Benar?
4/ 5
Oleh