Perbedaan Alat Musik Piano, Organ dan Keyboard

Perbedaan Alat Musik Piano, Organ dan Keyboard - "Alat musik" mang banyak macamnya, baik alat musik petik, tabuh, tiup ataupun alat musik yang lainnya. Pembagian tersebut adalah pembagian jenis alat musik berdasarkan cara memainkannya. adapun alat musik yang berbentuk seperti papan yang memiliki banyak tuts nada atau terbagi menjadi 3 berdasarkan jenisnya.

Alat musik piano,alat musik organ, dan alat musikeyboard, dari ketiga jenis alat musik ini adalah sama dalam cara pengoperasiannya yaitu dengan menekan tuts nada nya. Namun dari ktiga jenis alat musik tersebut, masing-masing adalah berbeda satu sama lain, dan ternyata banyak orang yang mengira bahwa itu adalah sama.

Pada dasarnya dari ketiga jenis alat musik tersebut, alat musik piano, alat musik organ, dan alat musikeyboard, secara prinsip adalah sama yaitu alat musik untuk memainkan melodi dan iringan secara bersama, sehingga seorang pemain saja dapat menghasilkan musik yang utuh.

Pada artikel saya kali ini akan membahas mengenai perbedaan dari ketiga jenis alat musik tersebut. Perbedaan Alat Musik Piano, Alat Musik Organ, dan Alat Musikeyboard;

1. Alat Musik Piano

Piano adalah termasuk alat musik perkusi, alat musik piano hanya dapat menghasilkan satu suara saja yaitu Piano itu sendiri. Dalam pengoperasian atau memainkan alat musik piano ini, kita dituntut untuk mampu mengeksplor skil piano klasik, misalkan teknik fingering.

Pada umumnya alat musik piano memiliki 3 pedal dibawah;
  1. Pedal kiri yaitu Sharp Pedal, berfungsi ketika memainkan lagu yang membutuhka staccato yang tajam
  2. Pedal tengah yaitu Soft Pedal, yaitu untuk bermain nada nada dengan lembut
  3. Pedal kanan yaitu Sustain/Damper Pedal, berfungsi untuk membuat dawai piano bergetar lebih lama
Alat musik piano pada umumnya memiliki tuts yang banyak, karena pada awalnya alat musik piano diciptakan untuk bermain solo atau sendirian, sehingga untuk memenuhi kebutuhan musisi 
menjangkau nada mulai dari nada rendah sampai nada yang tinggi agar improvisasi lebih luas. Alat Musik Piano terbagi menjadi dua macam, yaitu Upright Piano dan Grand Piano

Perbedaan Piano, Organ, dan Keyboard

alat musik piano alat musik organ dan alat musik keyboard
alat musik piano alat musik organ dan alat musik keyboard



2. Alat Musik Organ

Alat musik organ, jika dilihat dari cara memainkannya adalah tidak berbeda dengan alat musik piano. yang membedakan pada alat musik organ adalah jumlah tuts nada yang lebih banyak jika dibandingkan dengan alat musik piano.

Ada beberapa ciri khas yang membedakan alat musik organ dengan alat musik piano secara bentuk fisik, diantaranya adalah pedal kaki yang sangat banyak dan memiliki dua baris dereta tuts nada.

Alat musik organ terbagi menjadi dua macam, yaitu ; 
  • Organ Pipa atau Orgel, Organ pipa adalah alat musik akustik yang menggunakan pipa pipa raksasa dalam jumlah tertentu
  • Organ Electronik (electone)
Pada "Alat Musik Organ", sebagai player hanya cenderung bermain akord saja dan tidak perlu untuk bermain melodi, dikarenakan pada bagian melodi sudah dimainkan seorang pianis.

Inilah Perbedaan Piano, Organ, dan Keyboard

alat musik piano alat musik organ dan alat musik keyboard


3. Alat Musikeyboard

Jika kita mengenali ciri-cirinya, maka kita akan dengan mudah membedakannya dari alat musik piano dan alat musik organ meskipun alat musikeybord memiliki banyak jenis. beberapa ciri-ciri yang dapat diperhatikan untuk membedakannya dengan alat musik piano dan alat musik organ diantaranya adalah;

  1. alat musikeyboard tidak memiliki pedal kaki atau pedalboard seperti alat musik organ dan alat musik piano
  2. hanya memiliki satu deretan tuts, dan memang belum pernah ada jenis alat musikeyboard yang dua baris tuts
  3. alat musikeyboard bersifat portabel, sehingga mudah dibawa oleh satu orang saja
  4. Alat musikeyboard memiliki banyak pilihan sound voice
  5. Pada jenis alat musikeyboardkita dapat menambahkan musik sebagai pengiring sebuah lagu
  6. juga dapat seperti layaknya memainkan instrumen band lengkap.

Perbedaan Keyboard dan Piano Digital

alat musik piano alat musik organ dan alat musik keyboard

Demikianlah artikel ini Perbedaan Alat Musik Piano, Organ dan Keyboard saya buat semoga bermanfaat dan membantu bagi Anda yang sedang belajar dalam dunia musik.





Perbedaan Alat Musik Piano, Organ dan Keyboard
4/ 5
Oleh