Cara Menata Posisi Drum Set yang Baik dan Benar

Cara Menata Posisi Drum Set yang Baik dan Benar - Mengatur penataan drum atau tata letak sebuah drum adalah sama saja kita mempelajari bagaimana mengatur drum set sehingga nyaman saat dimainkan. Pada sebuah set drum seorang user tidak hanya mempelajari tentang sound saja, namun juga bentuk tata letak sebuah set drum agar sesuai dengan pengguna.

Cara Menyetel (Tuning) Drum

Cara Menata Posisi Drum Set yang Baik dan Benar


seperti yang diketahui secara umum bahwa kebanyakan user diseluruh dunia menata drum set dari sebelah kiri jika di urutkan adalah pedal, hit hat drum, double pedal, main pedal. penataan ini mungkin bisa berbeda dengan ketika setting drum panggung.

Pada sebuah kasus ketia seorang user hanya menggunakan single pedal, dalam posisi ini mungkin masih nyaman untuk bermain karena posisi hithat dalam jangkauannya. Namun akan berbeda ketika telah menggunakan double pedal, secara otomatis cara memasang hit hat akan digeser lebih jauh sehingga jangkauan akan lebih jauh.

Dari contoh kasus tersebut berikut ini adalah sebuah solusi yang mungkin dapat memberikan jalan tengah bagi Anda. yaitu dengan cara memasang hit hat yang di switch dengan posisi unit double pedal sehingga posisi duble pedal berada pada bagian paling kiri, setelah itu baru pedal hit hat.

Cara Menata Posisi Drum Set yang Baik dan Benar

Posisi berurutan dari ujung kiri ke kanan adalah double pedal (slave unit), pedal hit hat, main pedal. jika belum terbiasa dengan penataan drum yang seperti ini memang akan merasa aneh, tinggal kita membiasakan diri saja.

ada beberapa kelebihan jika kita menggunakan penataan drum seperti ini diantaranya adalah;
  1. cara memasang hit hat dengan seperti ini maka posisi hit hat akan lebih dekat. memudahkan bermain1/16 dengan dua tangan.
  2. posisi kaki akan terasa lebih nyaman, karena posisi cara memasang hit hat yang tidak jauh sehingga kaki tidak terlalu renggang.
  3. ketika penataan drum seperti ini maka cara menyetel snare drum juga akan menjadi lebih dekat dan mudah untuk dijangkau
  4. Power dan balance akan terasa lebih sempurna karena posisi kaki yang lebih renggang.
  5. jika ingin menambahkan beberapa pedal disebelah kiri maka tidak akan ada resiko terhalangi oleh kaki stand hit hat.
sedangkan kekurangan yang mungkin dialami dengan penataan drum seperti ini adalah kemungkinan menyelipkan tom 8" diantara letak hit hat agak lebih susah.

Demikianlah artikel cara menata posisi drum set yang baik dan benar ini saya buat, semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda. Terimakasih.

Cara Menata Posisi Drum Set yang Baik dan Benar
4/ 5
Oleh