10 Tips Merawat Keyboard Korg PA50 Agar Awet

10 Tips Merawat Keyboard Korg PA50 Agar Awet - Bagi para pecinta musik tentu ingin memiliki alat musik yang awet, tidak cepat rusak. namun memang benar bahwa setiap jenis alat elektronik pasti mempunyai usia masa aktif operasional, akan tetapi jika user melakukan perawatan dengan benar bukan tidak mungkin peralatan elektronik akan berusia operasional lebih lama.

keyboard merupakan alat musik elektronik yang banyak digemari oleh para musisi, terutama para pecinta musik dangdut. harga-harga dari setiap merek keyboard juga sangat bersaing dan berfariatif dengan persaingan yang ketat. keyboard korg PA50 adalah salah satu tipe yang telah banyak di gunakan oleh para user.

10 Tips Mewarat Keyboard Korg PA50
Cara Merawat Keyboard Musik Dan Piano

Tips Menjaga dan Merawat Keyboard Tersayang

  1. Selalu usahakan pada saat menggunakan keyboard korg PA50, Anda menggunakan arus yang selalu stabil. Jikapun dalam keadaan menggunakan listrik diesel yang arus listriknya tidak setabil maka gunakanlan stabilizer untuk mensetabilkan arus listriknya.
  2. Hindarkan keyboard PA50 Anda dari embun atau percikan air, karena keyboard korg PA50 sangat rentan terhadap air. masuknya percikan air kedalam mesin keyboard akan dapat menyebabkan kerusakan
  3. Jika tidak digunakan atau ditinggal dalm waktu berjam-jam sebaiknya mematikan dulu keyboard PA50 Anda
  4. Jangan pernah mematikan keyboard pada saar keyboard sedang dalam keadaan bunyi.
  5. Bersihkanlah keyboard korg PA50 anda secara rutin, bersihkan debu-debu yang menempel pada casing keyboard
  6. Jangan sembarangan memasukan program kedalam keyboar korg PA50 kesayangan Anda, pastikan bahwa program berasal dari sumber yang terpercaya. karena ada kemungkinan program yang dimasukan telah terjangkit virus yang dapat merusak keyboard Anda.
  7. Lakukan pengecekan secara rutin terhadap memory keyboard korg PA50 Anda, dan usahakan keadaan memory tersebut kurang jangan dari 2000kb free space. cara mengeceknya pada SD CARD > Utilities > SSD Info (lihat infonya). Biasanya memory internal yang terlalu penuh akan menyebabkan keyboard rawan blak.
  8.  Menghapus User Dk yang mungkin telah tidak dipakai lagi. hal ini dilakukan secara berkala untuk melonggarkan space memory keyboard korg PA50 Anda.
  9. Jika keyboard korg PA50 digunakan dengan perangkat sound eksternal lebih baik sound internal pada keyboard dimatikan. cara mematikannya adalah pada menu GLOBAL > Page + > Speaker: on / off
  10. Hindari memasukan file yang sama, atau sebelumnya file tersebut telah ada kemudian dimasukan file yang sama, karena file yang tertindih akan meninggalkan bekas sisa, meskipun tidan terlihat. jika dilakukan terlalu sering melakukan hal itu maka lama-kelamaan memory internal keyboard PA50 akan penuh.



Itulah tadi 10 tips merawat keyboard korg PA50, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda . . . Baca artikel lain Cara Memperbaiki Tuts Keyboard Orgen Tidak Berfungsi

Download Aplikasi Piano Untuk HP Android
10 Tips Merawat Keyboard Korg PA50 Agar Awet
4/ 5
Oleh